Polsek Sanankulon – Polri sebagai aparat negara penegak hukum yang bertugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta meningkatkan kwalitas pelayanan kepada masyarakat demi terciptanya situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Sanankulon tetap aman dan kondusif. Upaya tersebut diwujudkan dengan kegiatan patroli dialogis dengan sasaran gudang penyimpanan yang ada di Ds. Bedosari Sanankulon. Petugas Bripka Slamet dan Bripka Dian Sulistrianto selaku anggota Bhabinkamtibmas berikan himbauan tentang bahaya atau acaman kebakaran karena kecerobohan dan ketidakpedulian terhadap lingkungan sekitar. Senin 19 Agustus 2019.

Kebakaran merupakan salah satu bencana non alam yang sangat ditakuti oleh sebagian besar masyarakat. Karena kebakaran menimbulkan dampak yang relatif besar. Bukan hanya kerugian materi karena rumah, gudang atau bangunan dan harta benda lainnya hangus terbakar, namun juga kebakaran bisa menimbulkan korban jiwa. Kebakaran dapat terjadi bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor kelalaian manusia, karena arus pendek listrik atau konsleting, kompor meledak dan karena membuang putung rokok sembarangan.

Oleh sebab itu, petugas patroli menghimbau kepada seluruh karyawan untuk peduli terhadap lingkungan sekitar tempatnya bekerja. Bagi mereka yang perokok, tentu harus bisa memastikan abu rokok harus benar benar padam seusai merokok. Sebab, bukan tidak mungkin, kebakaran bisa terjadi dari hal sepele, api yang dianggap kecil memiliki dampak yang besar. Sediakan Apar atau alat pemadam api ringan untuk tindakan pertama jika ada kobaran api kecil sehingga tidak merember menjadi besar.

Kegiatan patroli dilanjutkan dengan menyusuri pemukiman penduduk dan bulak sawah. Keberadaan petugas yang ada dilapangan secara tidak langsung akan menekan angka kejahatan 3C meliputi Curas, Curat dan Curanmor. Namun demikian peran serta masyarakat dalam menjaga siskamtibmas yang kondusif adalah yang utama, dengan kepedulian semua elemen masyarakat maka situasi kamtibmas akan terpelihara kondusif.