Polsek Sanankulon – Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sanankulon bersama dengan relawan yang tergabung dalam Satgas Covid Kampung Tangguh Semeru Desa Kalipucung laksanakan penyemprotan disinfekatan dilingkungan posko, utamanya ruang islasi yang digunakan karantina warga pendatang yang bersal dari daerah atau zona merah covid. Senin 3 Agustus 2020. Penyemprotan tersebut rutin dilaksanakan sebagai kegiatan pemeliharaan posko sekaligus menjaga kebersihan dan sterelisiasi guna memastikan lingkungan sehat dan terbebas dari Covid-19.

Keberadaan Kampung Tangguh Semeru sangat membantu mengedukasi masyarakat setempat serta sebagai satgas penanganan covid dimasa pandemi. Ruang isolasi yang ada digunakan untuk menampung warga pendatang yang berasal dari luar daerah sebelum pulang ke rumahnya. Dengan pemantauan yang dilakukan oleh satgas Covid dalam kurun waktu yang sudah ditentukan untuk memastikan yangbersangkutan terbebas dari virus Corona sebelum ia pulang kerumah.

Kapolsek Sanankulon AKP Wahono mengatakan bahwa dalam ruang isolasi warga yang melakukan karantina wajib mematuhi protokol kesehatan, diantaranya selalu memakai masker dan membuang masker bekas di tempat yang ditentukan. Lakukan pengecekan suhu harian, amati batuk dan sesak nafas. Hindari pemakaian bersama peralatan makan dan mandi dan tempat tidur. Selanjutnya terapkan perilaku hidup sehat dan bersih, serta konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan lakukan etika batuk dan bersin. Yang tak kalah pentingnya adalah tetap menaga kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan cairan desinfektan serta selalu berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi (± 15-30 menit). Ini semua dilakukan agar penyebaran virus corona dapat dicegah semaksimal mungkin dengan keberadaan Kampung Tangguh Semeru yang ada di desa. ungkap Kapolsek Sanankulon.