Pada hari Sabtu tanggal 22 Agustus 2020 sekitar pukul 09.00 Wib Bhabinkamtibmas Desa Slemanan di dampingi oleh petugas jaga piket Polsek Udanawu Polres Blitar Kota melaksanakan program “Tukarkan Maskermu” di Kampung Tangguh Semeru Desa Slemanan Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Program ini untuk mendukung Gerakan Jatim Bermasker.

Briptu Sandy Firmansyah selaku Anggota Bhabinkamtibmas Melaksanakan program Tukarkan Maskermu ini di pinggir jalan Umum Desa Slemanan, dengan menggunakan seperangkat alat pengeras suara berupa mega phone, Briptu Sandy bersama sama dengan Aiptu Budi Santoso selaku Ka SPKT Polsek Udanawu dan Bripka Dody Herlingga melaksanakan program “Tukarkan Maskermu” sambil memberikan himbauan tentang pencegahan Virus Corona atau Covid-19.

Warga masyarakat Desa Slemanan Sangat antusias dalam mengikuti program Tukarkan Maskermu dan menghampiri Bhabinkamtibmas untuk minta di ganti masker Baru, sedangkan masker yang lama di gunting dan dimasukkan ke dalam tempat sampah yang telah di sediakan.

Kapolsek Udanawu Akp Eko Suryadi SH, mengatakan program ini untuk mengedukasi masyarakat dalam menjaga kebersihan masker di masa pandemi Covid-19. Polres melakukan program pembagian masker dengan metode tukar masker secara gratis.

Kapolsek Udanawu juga berharap dengan program ini masyarakat paham tentang masa berlaku menggunakan masker dan pemerintah punya solusi penggantian masker untuk masyarakat. Tak hanya dengan program ini, harapannya masyarakat juga paham cara mengelola masker bekas untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat.