Polsek Sanankulon –  Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Sumberingin Kecamatan Sanankulon pagi tad mendatangi lokasi atau rumah salahsatu warga masyarakat desa yang rencanya malam nanti menggelar acara takbir keliling. Minggu (1/5/22). Tak tanggung tanggung, takbir keliling nanti malam menggunakan perangkat soundsystem yang relatif cukup besar. Bahbinkamtibmas selanjutnya memberikan himbauan untuk membatalkan atau tidak menggelar takbir keliling tersebut. “Kami sampaikan kepada pemilik sound untuk mengurungkan niatnya melaksanakan takbir keliling”. ucap Bhabinkamtibmas Aipda Nuki wahyu.

Himbauan atau larangan tersebut bukan tanpa alasan. Aipda Nuki menjelaskan bahwa hal itu guna mencegah penularan Covid-19 semakin meluas, karena terjadi kerumunan yang erpotensi menularkan virus. “Selain itu, takbir keliling dapat memicu gesekan atau perselilisan antar kelompok lain yang dapat mengganggu ketertiban umum. Jangan sampai malam Hari Raya Idul Fitri ini tercoreng karena adanya perselisihan antar kelompok yang dipicu oleh takbir keliling yang menggunakan perangkat soundsystem”. imbuhnya.

Sementara itu secara terpisah Kapolsek Sanankulon AKP Budi Agus S, S.H. mengatakan bahwa takbir bisa dilakukan di masjid-masjid atau mushalla. Tidak perlu keliling apalagi dengan membawa perangkat sound yang relatif besar. Hal ini dapat memicu terjadinya gangguan kamtibmas dimasyarakat saat malam takbir. “Kami himbau kepda masyarakat untuk menggelar takbir di masjid tempat tinggalnya masing-masing agar terwujud situasi kamtibmas yang aman dan kondusif”. pungkas Kapolsek.