POLSEK UDANAWU – Bhabinkamtibmas Desa Karanggondang Polsek Udanawu Polres Blitar Kota Bripka Hendra I melaksanakan kegiatan sambang warga peternak sapi di Desa binaannya di Desa Karanggondang. Jum’at, (29/7/2022).


Adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sekarang sedang merebak pada hewan ternak di berbagai wilayah di Indonesia turut menjadi perhatian berbagai pihak, khususnya di wilayah Kecamatan Udanawu. Oleh karena itu Bhabinkamtibmas Polsek Udanawu Bripka Hendra I turun langsung di wilayah Desa binaan untuk memantau perkembangan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK tersebut.

“Kami selalu koordinasi dengan tiga pilar di Desa untuk memantau dan menghimbau kepada para pemilik ternak Sapi ataupun Kambing bilamana menemukan gejala penyakit PMK untuk segera berkoordinasi sehingga dapat segera tertangani sebelum menular ke hewan ternak lainya,” kata Bripka Hendra I.

Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryato, S.Sos., mengatakan, “Jajaran Bhabinkamtibmas menyampaikan kepada para peternak agar memantau kondisi kesehatan hewan ternaknya dengan lebih teliti. Dengan antisipasi sejak dini adanya gejala penyakit PMK pada hewan ternak, harapan kami para peternak dapat menangkal wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi dan tidak sampai menular,” kata Kapolsek Udanawu.

Selain melakukan pengecekan, petugas juga berdialogis serta menyarankan kepada pemilik sapi agar lebih memperhatikan kesehatan sapinya dan kebersihan kandang. “Juga diimbau agar lebih berhati – hati pada saat akan mendatangkan sapi dari luar daerah dan segera menghubungi dinas terkait apabila ditemukan sapi yang terlihat sakit dengan ciri – ciri PMK,” ujarnya.