Bhabinkamtibmas Desa Slemanan Briptu Sandi Firman Syah bersama Bhabinasa desa Slemanan Serma Nur Wahyudi kunjungi Kampung Tangguh Desa Slemanan, Dalam rangka bersinergi dan berkoordinasi kediapsiagaan Kampung Tangguh Desa Slemanan sebagai upaya pencegahan dini penyebaran Covid-19. Sabtu (04/07/2020).


Bhabinkamtibmas Desa Slemanan Briptu Sandi Firman Syah mengatakan pelaksana kampung tangguh sebagai salah satu bentuk upaya melakukan pencegahan dini, memutus rantai penyebaran Covid-19. “Adapun daerah yang menjadi percontohan yakni Desa Slemanan, dimaksudkan untuk memberdayakan potensi yang ada di setiap daerah tersebut untuk dapat melakukan kesiapan tindakan awal terkait dengan upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Ia menambahkan, dalam pembentukan tersebut terdapat tiga hal yang menjadi prioritas. Yakni ketahanan pangan/ekonomi, ketahanan medis dan sosial. Untuk ketahanan pangan meliputi ketersediaan bahan pokok yang dilihat dari pasokan di lumbung pangan dan swadaya maupun sumbangan dari masyarakat.

Sedangkan ketahanan medis meliputi siapnya tenaga medis, peralatan medis dan obat-obatan terkait Covid-19. Selain itu kampung tangguh juga memiliki tempat isolasi.

Sementara itu, di bidang sosial, dimana dalam mendorong untuk peningkatan kegiatan Poskamling di masing-masing kampung tangguh serta dibuatnya SOP terkait keamanan kampung tangguh. Misalnya SOP keluar masuk warga, buku mutasi perjalanan warga, buku jaga, buku tamu serta diterapkan chek point pada tamu/ masayarakat yang hendak memasuki desa Slemanan.

“Konsep dalam kampung tangguh ini adalah dimana masyarakat paham bagaimana mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan atau yang telah dipersiapkan,” kata Bhabinkamtibmas desa Slemanan Briptu Sandy Firman Syah.

Dalam kampung tangguh ini, aktivitas masyarakat dapat terpantau. Sehingga apabila ada warga yang terkonfirmasi positif dengan mudah akan diketahui warga tersebut tinggal dan kemana saja warga tersebut beraktivitas.

Proses pembentukan kampung tangguh itu kini juga sudah mulai berjalan. Masyarakat juga sangat antusias , demi mencegah penyebaran Covid-19 di daerah mereka.