Untuk mengantisipasi penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Polsek Udanawu Polres Blitar Kota menerjunkan personil Bhabinkamtibmas untuk melakukan pengecekan peternakan sapi milik warga ataupun kelompok peternakan di wilayah hukum Polsek Udanawu. Selasa (28/06/2022).

Bhabinkamtibmas Desa Karanggondang Bripka Hendra di bantu petugas jaga piket dan perangkat desa Karanggondang melaksanakan pengecekan di beberapa kandang ternak sapi yang ada di desa binaannya, mengingat perkembangan PMK dikhawatirkan mulai ada peningkatan penyebarannya. Untuk itu diperlukan langkah langkah pencegahan agar virus PMK pada hewan ternak sapi atau kambing atau hewan ternak lainnya yang berkuku dua.

Menurut data yang ada dari Dinas kesehatan hewan ternak Blitar, bahwa di Desa Karanggondang ada beberapa hewan sapi yang Suspec PMK, namun sudah tertangani oleh dokter hewan. Dan sampai saat ini tidak ada kasus kematian hewan ternak karena PMK di Desa Karanggondang Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar.

Hewan sapi yang Suspec PMK harus di isolasi di tempat tersendiri agar tidak menulari hewan yang sehat, dan hewan yang Suspec PMK selain di obati juga sering di lakukan pengawasan dan pemantauan perkembangan kesehatan hewan sapi tersebut. Guna memastikan hewan hewan ternak tersebut bisa pulih kembali dan bebas dari PMK.

Bripka Hendra selaku Bhabinkamtibmas Desa Karanggondang juga menghimbau agar warga masyarakat tidak perlu cemas dan khawatir dengan adanya wabah ini, karena penyakit ini bisa di obati, untuk itu perlunya kewaspadaan, apabila menemukan adanya gejala gejala PMK segera menghubungi Dokter hewan terdekat biar segera di tangani dengan baik. Yang penting lagi yaitu untuk pemilik ternak sapi harus sering sering membersihkan kandang dan menyemprotkan disinfektan untuk pencegahan pencegahan adanya PMK.

Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos., mengatakan, Polsek Udanawu bersama – sama dengan dinas terkait akan terus melakukan sosialisasi kepada peternak untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke ternak guna mencegah penularan virus PMK.

“Untuk akselerasi, Polsek Udanawu dan dinas terkait akan bersinergi untuk pendataan dan pengecekan guna mencegah penularan dan penyebaran PMK ternak agar tidak terjadi penambahan penyebaran PMK di Kabupaten Blitar Khususnya di wilayah Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar,” jelasnya

“Kami mengimbau peternak untuk melakukan memberikan suntikan vitamin pada hewan ternak dan penyemprotan disinfektan di kandang sapi,” ujarnya.