Polsek Sanankulon – Tiga pilar di pemerintahan desa atau kelurahan yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa atau Lurah harus bersinergi dalam mendeteksi dini gangguan Kamtibmas yang ada di Desa, terlebih saat sekarang menghadapi atau menjelang Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Blitar tahun 2019. Tiga pilar inilah ujung tombak dalam mengelola berbagai potensi kamtibmas yang ada di Desa. Untuk itu dalam mensinergikan peran ketiga pilar tersebut maka harus memegang beberapa prinsip yang harus dilaksanakan secara bersama-sama yaitu membangun kemitraaan melalui komunikasi intensif yang baik, transparansi dalam dalam penyelesaian masalah dan yang paling penting adalah sepakat atau mempunyai komitmen mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Desa. Jumat, 30 Agustus 2019 malam.

Dinamika situasi menjelang pilkades terus berkembang, situasi kamtibmas di masyarakat akan sewaktu waktu berubah seiring berjalannya tahapan Pilkades ini. Tiga pilar yang di dalamnya ada anggota Bhabinkamtibmas harus profesional, cepat dan tanggap merespon segala perkembangan situasi yang ada di masyarakat sebagai dampak pilkades tersebut. Selain itu, disaat situasi masyarakat memanas karena persaingan Bakal Calon Kepala Desa, tiga pilar ini harus kompak dan menjadi mesin pendingin ditengah-tengah masyarakat terutama menangkal maraknya berita hoax yang dihembuskan oleh masing masing pendukung bakal calon Kepala Desa yang dapat berakibat memecah belah masyarakat Desa. Untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban selama tahapan pilkades ini berjalan dan bahkan hingga nanti pasca pilkades, peran serta masyarakat sangat diharapkan bukan hanya tanggung jawab tiga pilar semata.

Kapolsek Sanankulon melalui Kanit Binmas Aiptu Sutomo mengatakan bahwa ketiga unsur pilar ini juga harus dapat membangun kemitraan, berpartisipasi aktif dan juga ikut pro aktif dengan kegiatan masyarakat. Ini dilakukan sekaligus untuk melakukan pendeteksian terhadap segala potensi kerawanan kamtibmas yang ada di desa sehingga situasi tetap aman dan kondusif. pungkas Kanit Binmas.