Kapolres Blitar Kota, AKBP Dr. Yudhi Hery Setiawan S.I.K, M.Si. menggelar silaturahmi dengan puluhan pimpinan ormas Islam dan pengasuh pondok pesantren serta pencanangan gerakan “Santri Bermasker”, Kamis (25/2/2021).

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Patriatama, Mapolres Blitar Kota itu dimaksudkan sebagai bagian dari kampanye penggunaan masker di lingkungan pondok pesantren dan pada kegiatan keagamaan.

“Ulama dan santri berada di lini terdepan kegiatan-kegiatan keagamaan sehingga bisa efektif memberi contoh kepada masyarakat luas penggunaan masker dengan baik,” ujar AKBP Yudhi.

Penggunaan masker, ujarnya, merupakan bagian dari protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang implementasinya di kalangan masyarakat luas membutuhkan partisipasi banyak pihak terutama kalangan tokoh agama.

Pada kesempatan itu, secara simbolik Kapolres Blitar Kota menyerahkan masker kepada sejumlah perwakilan tokoh agama dan pimpinan pondok pesantren. Total, sebanyak 25.000 masker diserahkan ke para tokoh agama yang hadir.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Plh. Walikota Blitar, Kasdim 0808 Blitar, dan Wadanyon 511/DY.

Selanjutnya, Ketua PCNU Kota Blitar, Ketua PD Muhammadiyah Kota Blitar, Ketua MUI Kota Blitar, Ketua FKUB Kota Blitar, Kepala Kemenag Kota Blitar, Ketua Suriah NU Kota Blitar, dan Ketua LDII Kota Blitar.

Dari kalangan pondok pesantren, antara lain, hadir Pimpinan ponpes Mambaus Solihin, Pimpinan ponpes Bustanul Mitalaimin, Pimpinan ponpes Bustanul Mialaimat, Pimpinan ponpes Al Kamal, Pimpinan ponpes Mahinatul Quro, Pimpinan ponpes Mambaul Hikam, Pimpinan ponpes Mambays Syafaatil Quran.

Selanjutnya, Pimpinan ponpes Nurul Ulum, Pimpinan ponpes Mambaul Hisan, Pimpinan ponpes Asyafa Atiah, Pimpinan ponpes Al Kautsar, Pimpinan ponpes Nazul Ulum, Pimpinan ponpes Uzlatul Ikhsan, dan Perwakilan santri.*