Polres Blitar Kota bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Blitar melaksanakan kegiatan monitoring pengamanan peringatan Hari Paskah umat Kristen, Kamis (01/04) malam.

Terdapat tiga lokasi gereja yang dikunjungi oleh AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan, S.I.K., M.Si bersama dengan Walikota Blitar, Santoso dan Wakil Walikota Blitar, Tjujuk Sunario. Yakni, Gereja Santa Maria, Gereja Santo Yusuf dan Gereja Ngadirejo.

Kapolres menjelaskan, ia bersama dengan Forkompinda langsung turun ke lokasi untuk mengetahui apakah pelaksanaan ibadah doa yang dilakukan oleh umat Kristen berjalan dengan aman dan nyaman.

“Terutama dari sisi keamanan, tentunya kami lakukan pemeriksaan secara ketat terhadap lokasi maupun jemaat yang hadir di gereja,” katanya.

Menurutnya, dari hasil monitoring ketiga lokasi tersebut dapat disimpulkan ibadah doa peringatan Hari Paskah umat Kristen telah berjalan secara lancar dan kondusif.

Sementara itu, Walikota Blitar menjelaskan berdasar pengamatannya, pelaksanaan ibadah umat Kristen di gereja sudah sesuai dengan aturan protokol kesehatan yang berlaku.

“Saya perhatikan, mulai dari mencuci tangan, memakai masker dan jarak antar kursinya pun sudah di atur sedemikian rupa. Juga pengecekan suhu tubuh secara bergantian,” kata Santoso.

Lanjut menuturkan, Santoso berharap dengan upaya antisipasi yang telah dilakukan oleh Forkompinda itu dapat benar-benar memberikan dampak aman dan nyaman bagi jemaat, sehingga ibadah dapat berjalan dengan khusyuk dan tenang.