Polsek Sukorejo – Melaksanakan giat tukarkan maskermu di area Pasar Pahing sekaligus sambang serta melayani warga masyarakat di sekitaran lingkungan Kelurahan Tanjungsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar untuk menggantikan maskernya yang sudah lusuh dan tidak layak kalau di pakai lagi karena bisa menganggu kesehatan. Selasa (01/09/2020).

Anggota Polsek Sukorejo Polres Blitar Kota di bantu Anggota Koramil Sukorejo menghampiri warga dan menghimbau agar selalu Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan sesering mungkin, “apabila ada masyarakat yang maskernya sudah lusuh, rusak/sobek dan tidak layak pakai untuk mengganti maskernya dengan masker yang baru gratis”, Ujar Bripka Suhadi.

Anggota Polsek Sukorejo dengan mengendarai Roda duanya yang sudah lengkap dengan peralatan antara lain tissue, Semprotan Disinfektan serta gunting untuk menggunting masker yang sudah tidak layak pakai, tata cara penukaran masker tersebut adalah sebelumnya kedua tangan disemprot Handsanitezer, kemudian masker yang lama dilepas dan semprot cairan disinfektan lalu digunting, di bungkus tissue dan di masukkan kedalam sampah medis yang sudah disiapkan oleh Bhabinkamtibmas, tujuan dari Program “TUKARKAN MASKERMU” adalah agar masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk memutus Penyebaran Mata Rantai Covid-19.

Warga masyarakat merasa senang dan terbantu dengan adanya program ini dan sangat berterima kasih karena program ini sangat bermanfaat dan warga sadar akan Kebersihan masker dan merasa senang karena diingatkan dan di beri pengertian untuk selalu mentaati penerapan protokol Kesehatan Covid-19 salah satunya dengan menggunakan masker dengan benar dan bersih.

“Kegiatan ini akan terus dilakukan untuk mengurangi atau menekan penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kecamatan Sukorejo Kota Blitar karena kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan masker dan menjaga kebersihan masker mungkin terkendala stok masker yang sedikit sehingga masker di pakai terus itu yang membahayakan kesehatan.

“Perspektif yang diambil dari program ini soal kesehatan. Kita tahu arti penting menggunakan masker, tapi masker juga mempunyai masa pakai. Sehingga perlu diganti pada waktu tertentu,” kata Slamet Pujiono, SH.

Slamet Pujiono, SH berharap dengan program Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, SH, SIK, MH tentang “TUKARKAN MASKERMU” masyarakat paham tentang masa berlaku menggunakan masker dan pemerintah punya solusi penggantian masker untuk masyarakat.

“Untuk mengurangi risiko kesehatan dan lingkungan, sebelum dibuang, masker bekas disemprot cairan disinfektan dulu, kemudian dibuang di tempat sampah khusus yang tertutup, lalu baru dibuang. Itu pentingnya cara menggunakan masker dan mengelola sampah,” ucap Kapolsek Sukorejo.