Sebagai tindak lanjut dari upaya Satgas Gugus Covid-19 Kecamatan Ponggok dalam mencegah penyebaran Covid-19 atau virus Corona, Polsek Ponggok Polres Blitar Kota bersama unsur tiga pilar Desa melakukan asistensi Ketua Koordinator Bidang Kesehatan Kampung Tangguh Desa Bacem Ibu  Rika Dewi Asistensi ini dalam upaya persiapan lomba tingkat Provinsi di mana Kampung Tangguh Desa Bacem yang telah memenangkan sebagai juara 1 tingkat Kabupaten dan Kota Blitar dan Desa Bacem sebagai pilot project atau desa percontohan untuk wilayah Kecamatan Ponggok dan juga Kabupaten serta Kota Blitar.

“Untuk sementara saat ini kami menyiapkan desa Bacem sebagai percontohan Kampung Tangguh untuk wilayah Kecamatan Ponggok dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona, dan tidak menutup kemungkinan untuk kedepan akan menyusul Desa-desa yang lainnya,”yang akan dilombakan tingkat provinsi ujar Kapolsek Ponggok AKP Sony Suhartanto S.H.

Lebih lanjut Kapolsek Ponggok menjelaskan bahwa setelah melakukan asistensi di kesiapan desa Bacem terutama Koordinator Bidang Kesehatan yang ada di Kampung Tangguh ini dalam mendisiplinkan warga untuk mematuhi Protokoler Kesehatan.

Lebih lanjut Kapolsek Ponggok Polres Blitar Kota AKP Sony Suhartanto S.H memgatakan bahwa Kampung Tangguh ini untuk memberdayakan potensi di setiap desa dalam melakukan tindakan awal terkait dengan upaya penanggulangan Covid-19.

“Ada tiga hal yang menjadi prioritas dalam pembentukan Kampung Tangguh ini, yakni ketahanan pangan / ekonomi, ketahanan medis dan ketahanan lingkungan (keamanan),” ujar AKP Sony.