Patroli mobiling antisipasi ronda sahur menggunakan sound system besar di saat bulan puasa

Bulan suci ramadhan merupakan bulan yang dinanti warga. Seluruh warga berharap agar bisa menikmati bulan ramadhan dengan penuh hikmah dan khusyuk. Namun bulan ramadhan identik dengan petasan dan ronda sahur.

Berkembangnya teknologi menjadikan ronda sahur lebih beragam dalam pelaksanaannya. Salah satunya ronda sahur menggunakan sound system yang besar yang meresahkan warga.

Beberapa warga dan para pemuda sering melakukan ronda sahur untuk membangunkan warga yang akan melaksanakan puasa.

Namun beberapa warga menggunakan sound system yang besar sehingga mengganggu warga yang masih beristirahat. Hal ini juga membuat kerawanan kamtibmas. Saat melakukan ronda sahur, beberapa orang ada yang bermain petasan yang membahayakan warga.

Biasanya yang menjadi rute perjalanan ronda sahur menggunakan sound system besar sebagian berada di jalan Desa Bangsri. (17 April 2023)

“Koordinasi dengan perangkat desa dan warga terus dilakukan agar tercipta kamtibmas lingkungan yang kondusif”. Ungkap Aiptu Seno.

Ronda sahur dengan menggunakan sound system yang besar sudah dilarang oleh pemerintah Kabupaten Blitar dengan dikeluarkannya surat aturan dari Bupati Blitar.

“Kami berharap warga tetap mematuhi aturan yang berlaku dan tetap menjaga kamtibmas lingkungan supaya tetap kondusif”. Pungkas Aiptu Seno