Polres Blitar Kota dalam mengantisipasi lebaran yang semakin dekat, meningkatkan giat penyekatan dan check point antisipasi pemudik yang memasuki wilayah Blitar khususnya yang berasal dari zons merah pandemi virus corona. Hari Sabtu tanggal 09 Mei 2020, Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, SH, SIK, MH didampingi oleh Kapolsek Ponggok AKP Soni Suhartanto, SH melaksanakan pengecekan di Pos Check Point Operasi Ketupat Semeru 2020, pemantauan mudik dan kewaspadaan Covid-19 diperbatasan Kediri-Blitar di Ponggok. Pos check point melakukan pemeriksaan terhadap warga yang mudik atau warga dari luar daerah yang masuk ke wilayah kabupaten dan kota Blitar.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, SH, SIK, MH saat melakukan pengecekan di pos check point mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk menghimbau pada sopir dan penumpang kendaraan umum atau pribadi agar tidak mudik serta mendata dan cek kondisi kesehatan warga yang mudik atau warga yang memasuki wilayah Kota dan Kab Blitar sebagai langkah kewaspadaan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta mendukung himbauan pemerintah.

Selain itu Kapolres Blitar Kota juga membagikan masker kepada pedagang dan masyarakat yang ada di pasar patok kecamatan Ponggok yang belum menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumah sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona.