Upaya mencegah terjadinya kejahatan di wilayah Udanawu , Polsek Udanawu melaksanakan pengamanan pada sholat Jumat di Masjid Ponpes Mamba’ul Hikam Mantenan. Karena jumlah Jamaah Pondok tersebut sangat besar dan banyak sangat dimungkinkan bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Polsek Udanawu lakukan pengawasan dengan baik saat sholat Jumat berlangsung. Jumat, 20 Mei 2022.

Polsek Udanawu beranggotakan 3 personil menggunakan mobile Backbone melakukan patroli wilayah dan berhenti saat akan sholat Jumat di Masjid Ponpes Mamba’ul Hikam saja untuk pengamanan terpadu. Kegiatan rutin saat Jumat untuk antisipasi kriminalitas ataupun lain lain yang meresahkan masyarakat demi membuat kenyamanan saat sholat. Pukul 11.30 WIB sudah mulai banyak sekali yang datang hingga memenuhi parkiran sampai depan gerbang,  Polsek Udanawu menjaga dan mengawasi parkiran sambil berkeliling memantau kendaraan.

Dalam  kegiatan ini ditekankan agar jamaah dapat melaksanakan sholat Jumat dengan nyaman dan tidak khawatir dengan kendaraan maupun diri sendiri, Polisi hadir untuk membantu dengan sangat baik.  Selain itu anggota Polsek Udanawu juga memberikan himbauan pada masyarakat yang datang untuk selalu ikut menjaga situasi agar khusyuk dan juga berhati-hati saat pulang  dari Masjid karena kebanyakan jamaah berasal dari Desa yang jauh.

Dalam mengamankan jalannya kegiatan masyarakat yang tidak lama ini Polsek Udanawu melakukan dengan serius dari awal hingga selesai sholat, saat sudah selesai sekira pukul 12.15 anggota Polsek Udanawu melakukan pengaturan lalu lintas untuk menyeberangkan jamaah yang keluar wilayah Masjid, hingga proses selesai terpantau aman terkendali banyak sekali warga yang menyapa sbil tersenyum menandakan senang dengan kehadiran polisi.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos saat ditemui “pengamanan Sholat Jumat sudah sesuai dengan arahan pimpinan untuk dilaksanakan karena kerawanan yang tidak bisa diprediksi, kehadiran polisi sangat penting dalam kenyamanan masyarakat melaksanakan sholat Jumat” ujar Kapolsek Udanawu.