Anggota Satlantas Polres Blitar kota melaksanakan pengamanan aksi damai di depan mako polres Blitar kota pada hari Rabu, 17 oktober 2018. Giat tersebut di pelopori masyarakat yang tidak terima akan pemanggilan surat palsu KPK. Selama giat berlangsung lancar terkendali.

Kejadian ini bermula ketika masyarakat melihat sebuah upload atau berita hoax yang tersebar di media social mengenai surat panggilan palsu pemanggilan KPK. Berita pemanggilan palsu tersebut mendapat klarifikasi melalui whatsapp jubir KPK Febri Diansyah yang diberitakan oleh detik news. Adapun klarifikasinya adalah “Surat tidak benar dari KPK. Dan informasi pemanggilan Bupati ataupun Wakil Bupati Blitar juga tidak benar,” kata Febri, Jumat (12/10/2018).

Kejadian ini menjadi amukan ungkapan masa. Akhinya masa mengadakan aksi damai di depan Polres Blitar Kota. Dengan diadakan aksi damai ini diharap masyarakat lebih mencermati kembali berita yang tersebar di dunia maya, sebelum menyebar luaskan kembali berita yang diterima. (HF)