Dalam rangka mendukung pemerintah untuk percepatan vaksinasi Covid-19, Petugas Nakes Puskesmas Udanawu melaksanakan vaksinasi di Desa Jati Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Hadir juga Bhabinkamtibmas Desa Jati Bripda Sandy Yuda di bantu petugas jaga dan Babinsa Koptu Adi Suprayitno melaksanakan pengamanan dan pemantauan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di balai Desa Jati. Senin, 13 September 2021.

Antusias warga masyarakat Desa Jati sangat tinggi ini terbukti kehadiran dalam vaksinasi tersebut sebanyak kurang lebih 400 orang, tentunya perlu pengaturan waktu agar tidak terjadi antrian dan terjadinya orang bergerombol. Dengan kehadiran Polri dan TNI dapat mengatur kehadiran para peserta Vaksin.

Mengingat Vaksin ini sangat penting untuk menangkal virus Corona atau Covid-19, Karena dengan Vaksin Covid-19 dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus Corona, dapat mengurangi resiko penularan Covid-19, Ketika tertular Covid-19 Vaksin dapat mencegah terjadinya gejala yang berat dan dengan Vaksin akan mencapai imunitas kelompok atau herd immunity.

Bagi warga masyarakat yang akan di vaksin akan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan mulai dari pengecekan suhu badan, tes gula darah, cek tensi, tinggi badan berat badan dan lain lain sebagainya. Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan lengkap baru di suntik vaksin dan apabila tidak lolos dalam pemeriksaan kesehatan tidak di suntik vaksin hari ini, namun akan di jadwal ulang.

Saat di temui Kapolsek Udanawu Akp Anjun Sudaryanto S.Sos mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini adalah Vaksin tahap II dan tahap I, dengan jenis vaksin Sinovac dan Astrazeneca dan kegiatan Vaksin di Desa Jati ini sudah dilaksanakan ke sekian kalinya. Kapolsek Udanawu juga menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas sehari-hari, agar terhindar dari penularan Covid-19. ” Ucap Kapolsek”.