Walaupun cakupan Vaksinasi Covid-19 di wilayah Udanawu sudah tinggi, Puskesmas Udanawu tetap memberikan layanan vaksin Covid-19 di halaman Puskesmas Udanawu, hal ini di lakukan untuk melayani masyarakat Udanawu yang belum vaksin karena terkendala sesuatu atau yang lainnya. Senin, 25 April 2022.

Kali ini Tim vaksinator dari tenaga kesehatan puskesmas Udanawu membuka layanan vaksinasi dosis 2 dan Booster untuk lansia di Posyandu Lansia Desa Ringinanom Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Anggota Polsek Udanawu juga hadir untuk melaksanakan monitoring, sebagai bentuk dukungan dalam percepatan vaksinasi di wilayah hukum Polsek Udanawu.

Selain melaksanakan monitoring petugas dari Polsek Udanawu juga melaksanakan pengawasan protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19, seperti mencegah orang orang berkerumun dan tidak menjaga jarak, pemakaian masker yang tidak benar, memberikan himbauan tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari untuk pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Mengingat di masa pandemi ini sangat rawan terjadinya penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Dalam kegiatan vaksinasi untuk lansia ini, petugas vaksinator juga melayani Vaksin Covid-19 untuk anak umur 6 sampai dengan umur 11 tahun dan orang dewasa dengan dosis 1, dosis 2 dan Booster hal ini dilakukan tidak lain adalah untuk mendukung pemerintah dalam percepatan vaksinasi untuk mencapai herd immunity atau imunitas kelompok.

Vaksin ini sangat penting sekali, karena dengan Vaksin dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus Corona, dapat mengurangi resiko penularan Covid-19, Ketika tertular Covid-19 Vaksin dapat mencegah terjadinya gejala yang berat dan dengan Vaksin akan mencapai imunitas kelompok atau herd immunity.

Bagi warga masyarakat yang akan di vaksin akan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan mulai dari pengecekan suhu badan, tes gula darah, cek tensi, tinggi badan berat badan dan lain lain sebagainya. Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan lengkap baru di suntik vaksin dan apabila tidak lolos dalam pemeriksaan kesehatan tidak di suntik vaksin hari ini, namun akan di jadwal ulang.

Saat di temui Kapolsek Udanawu Akp Anjun Sudaryanto S.Sos mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini adalah upaya pemerintah Indonesia dalam melindungi masyarakatnya. Kapolsek Udanawu juga menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas sehari-hari walaupun sudah vaksin, agar terhindar dari penularan Covid-19. Bagi yang belum Vaksin segera vaksin di gerai vaksin Puskesmas Udanawu atau bisa di gerai gerai vaksin terdekat. ” Ucap Kapolsek”.