Dalam rangka mendukung pemerintah untuk percepatan penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19, anggota Polsek Udanawu bersama anggota Koramil Udanawu laksanakan pengamanan giat vaksinasi Covid-19 di balai Desa Besuki Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Senin, 8 November 2021.

Anggota Polsek Udanawu tidak hanya melaksanakan pengamanan saja, akan tetapi juga melaksanakan pengawasan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya klaster penyebaran virus Corona. Petugas juga memberikan himbauan kepada warga masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan walaupun sudah melaksanakan vaksin. Hal ini adalah pencegahan yang paling efektif, mengingat pandemi belum berakhir dan kita semua tidak boleh lengah.

Cara yang paling efektif dalam memutus mata rantai Covid-19 yaitu dengan mengikuti vaksin, semakin banyak yang vaksin akan membentuk herd immunity atau imunitas kelompok, yang ke dua yaitu disiplin mematuhi Protokol kesehatan (Prokes) 5M diantaranya :
1. Memakai masker dengan benar yaitu menutup hidung dan mulut.
2. Menjaga jarak minimal 1 meter.
3. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun di air mengalir.
4. Mengurangi Mobilitas.
5. Menjauhi kerumunan massa.

Tugas penanggulangan dan Pencegahan Covid-19 adalah tugas kita semua, semua harus bekerja sama, tolong menolong dan saling melindungi yaitu dengan cara memakai masker serta mematuhi prokes demi keselamatan kita bersama. “Ucap Aipda Roni Agus Sulistyo” selaku anggota Polsek Udanawu.