Polsek Sananwetan – Intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah Kota Blitar, perlunya diwaspadai adanya bencana banjir, untuk itu Petugas patroli Polsek Sananwetan melaksanakan patroli di 3 titik DAM, untuk mendeteksi sejak dini antisipasi terjadinya banjir. Selasa (18/10/2022) pagi.

Sejak hari Minggu malam tanggal 16 Oktober 2022 hujan telah mengguyur wilayah Kota Blitar hingga pagi hari ini. Kali ini anggota Polsek Sananwetan melaksanakan patroli di beberapa titik DAM yang ada di wilayah hukum Polsek Sananwetan yaitu di DAM Kel. Rembang, DAM depan Herlingga dan DAM Jl. Sumatra.

Petugas patroli mengecek perkembangan debit air yang mengalir di beberapa sungai yang ada di Wilayah Sananwetan untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir. Terpantau debit air di sejumlah sungai ada peningkatan debit air tetapi masih dalam batas aman. Petugas juga menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk selalu waspada akan bahaya banjir yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Selain itu petugas juga menghimbau kepada warga masyarakat agar segera melakukan upaya – upaya pencegahan banjir, yaitu dengan cara membersihkan aliran sungai dari tumbuhan rumput liar yang dapat menghambat aliran air sungai dan jangan sampai ada sampah yang menumpuk di sungai

Patroli antisipasi bencana alam rutin dilaksanakan setiap hari ini oleh petugas piket, intensitas hujan masih tinggi sehingga rawan terjadinya banjir maupun pohon tumbang apabila ada hujan di sertai angin kencang di wilayah hukum Polsek Sananwetan.

Dikonfirmasi secara terpisah Kapolsek Sananwetan Kompol Wahyu Satrio W., membenarkan bahwa “anggota kami setiap hari melaksanakan patroli antisipasi bencana alam kita antisipasi sejak dini, harapan kami semoga wilayah Sananwetan tidak ada bencana banjir maupun bencana alam lainnya, sehingga hukum Polsek Sananwetan aman kondusif”.