Polsek Ponggok Polres Blitar Kota melakukan pengawalan dan pengamanan prosesi pengamanan jenazah pasien covid-19 di TPU Desa Sidorejo, kecamatan Ponggok, Blitar, Minggu (4/7/2021) Malam.

Kapolsek Ponggok Akp Sony Suhartanto S.H mengatakan, bahwa di wilayahnya mendapatkan informasi tentang adanya warga Sidorejo yang meninggal karena covid-19 di  rumah sakit umum Ngudiwaluyo Blitar.

“Menyikapi hal tersebut kita siapkan personil dalam pengawalan sampai acara pemakaman selesai. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian pengambilan jenazah secara paksa seperti yang terjadi di wilayah lain, dan memastikan prosesnya sesuai prosedur Prokes Covid 19.” ujar Kapolsek

Proses pemakaman dilakukan secara Protokol kesehatan Covid_19 oleh Tim Medis, dan Relawan PPKM Mikro Sidorejo dengan menggunakan Alat Pelindung Diri lengkap (APD).

“Walupun tidak ada penolakan dari keluarga atau warga sekitar namun kita upayakan untuk tetap melakukan pengamanan memantau kegiatan pemakaman tersebut,” tegasnya.

Lebih lanjut Kapolsek Ponggok menambahkan, pihaknya akan tetap melakukan pemantauan dan tracing kepada keluarga pasien yang Covid 19 maupun tetangga pasien kontak erat agar tidak keluar rumah ataupun tidak keluar kota dulu.

“Alhamdulillah kegiatan pengamanan pemakanan berjalan lancar tidak terjadi gangguang kamtibmas seperti penolakan dari keluarga maupun warga sekitar,” kata Sony.

Pihaknya juga menyampaikan pesan agar masyarakat patuh protokol kesehatan, mengingat saat ini angka pasien Covid 19 meningkat di wilayah Kabupaten Blitar.