Hari ini, Sabtu 10 November 2018 berlangsung kegiatan Seleksi atau Ujian tulis yang diperuntukkan bagi peserta yang akan menjadi Perangkat Desa Kecamatan Sanankulon. Bertempat di gedung Universitas Nahdlatul Ulama Kota Blitar yang diikuti sebanyak 67 peserta dari dua Desa yaitu Desa Sumber dan Desa Plosoarang Kecamatan Sanankulon.

Tentu kegiatan ini melibatkan 3 (tiga) Pilar yang ada di Desa, yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Trantib. # pilar inipun mendampingi sekaligus melaksanakan pengamanan hingga usainya kegiatan.

Dari data yang ada, setidaknya hampir semua desa yang ada di Kecamatan Sanankulon mengalami kekurangan atau kekosongan Perangkat Desa/Pamong. Ujian atau seleksi ini adalah suatu bentuk tahapan seleksi untuk perekrutan atau regenerasi Perangkat Desa sehingga dalam sistem pemerintahan yang ada di desa tidak ada yang kosong. Dengan demikian pelayanan kepada masyakat akan maksimal apabila petugas yang ada di desa jumlahnya sudah sesuai dengan kuota.

Kapolsek Sanankulon AKP Mulyani, SH membenarkan adanya seleksi Perangkat Desa ini. Pesannya agar seluruh peserta dalam mengerjakan naskah untuk tidak mencontek atau bekerja sama dengan rekan disampingnya. Ini adalah kompetensi yang mengukur sejauh mana pengetahuan perorangan sehingga atau dikandung maksud akan menghasilkan individu yang benar-benar menguasai bidangnya selanjutnya siap atau layak menempati jabatan perangkat desa. pungkas Kapolsek.