Polsek Sanankulon – Beberapa hari terahir hujan deras disertai dengan angin mengguyur wilayah Kecamatan Sanankulon. Hal ini berpotensi terjadinya bencana alam berupa pohon tumbang dan banjir. Untuk mengantisipasi hal tersebut secara dini, Aiptu Mery Junaidi selaku Bhabinkamtibmas Polsek Sanankulon melaksanakan pengecekan debit aliran sungai Brantas di pesisir Desa Bendosari Kecamatan Sanankulon. Sabtu 22 Februari 2020.

Selain itu, Aiptu Mery Junaidi juga menghimbau warga masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai jasa perahu penyeberangan untuk bersama sama peduli terhadap perubahan debit air sungai. Dengan cara memberi peringatan kepada warga masyarakat yang lain apabila ada peningkatan debit air sungai. Dengan kewaspadaan ini maka debit air sungai dapat dapat dipantau secara periodik untuk cegah terjadinya banjir yang mendadak. Dari hasil pengecekan didapat debit aliran sungai mengalami kenaikan, namun demikian masih diambang batas normal. Kondisi air relatif keruh karena disertai dengan lumpur.

Kapolsek Sanankulon AKP Wahono mengatakan bahwa saat musim penghujan seperti sekarang ini personil Polsek Sanankulon secara berkala untuk mengecek aliran sungai agar secara dini dapat dideteksi untuk mencegah terjadinya bencana banjir yang mendadak. Selain itu dengan mengupdate informasi tentang kondisi sungai maka akan mempermudah petugas untuk berkoordinasi dengan pihak terkait apabila terjadi bencana alam. tutur Kapolsek Sanankulon.