Guna mendukung pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, Bhabinkamtinmas Kelurahan Gedog Polsek Sananwetan Polres Blitar Kota Polda Jatim Aipda Ahmad Yomano melakukan pendampingan program pada hewan ternak yang sehat secara bertahap. Selasa (3/1/2023).

 

Vaksinasi ini dilakukan terhadap ternak yang sehat di wilayah yang tidak pernah terkena wabah PMK. Sedangkan untuk ternak yang terkena PMK langsung dilakukan pengobatan.

 

Kapolsek Sananwetan Polres Blitar Kota Polda Jatim Kompol Wahyu Satrio W mengatakan, “pemantauan dan pendampingan ternak sapi yang dilakukan merupakan langkah untuk mendukung pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran PMK. Pengawasan dan pendampingan vaksinasi ternak ini sangat perlu agar mampu menekan penyebaran wabah PMK di Kecamatan Sananwetan,” ucap Kapolsek.

 

Ia menyebutkan, Polsek Sananwetan juga telah melaksanakan intervensi secara door to door atau dari kandang ke kandang di Kecamatan Sananwetan bersama tim vaksinator, tim penyuluh pertanian, Bhabinkamtibmas Polsek Sananwetan.

 

Dengan vaksinasi tersebut diharapkan dapat menekan wabah PMK, pasalnya penularan PMK sangat masif, sehingga dengan penyuntikan vaksin diharapkan dapat memotong penyebarannya.