Dalam rangka mendukung pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 yaitu dengan percepatan vaksinasi Covid-19, anggota Polsek Udanawu telah melaksanakan pengamanan kegiatan Vaksinasi Covid-19 tahap 2 di SMPN 2 Udanawu yang terletak di Desa Bendorejo Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Jum’at, 22 Oktober 2021.

Agar tidak terjadi kerumunan para siswa-siswi yang melaksanakan Vaksinasi di sekolah SMPN 2 Udanawu, Kapolsek Udanawu menerjunkan anggotanya untuk melaksanakan pengamanan kegiatan Vaksinasi tersebut, sekaligus melaksanakan pengawasan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19.

Pengaman tersebut dipimpin langsung oleh Ipda Budi Santoso yang di dampingi oleh Aiptu Netran Dianto yang sekaligus Kanit Provos Polsek Udanawu. Dengan kehadiran petugas dari Polsek Udanawu pelaksanaan vaksinasi bisa berjalan lancar tertib dan terkendali, sehingga tidak antrian dan kerumunan.

Sedangkan Petugas vaksinasi dari tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas Udanawu di bantu Bapak ibu Guru dalam mengatur antrian saat pelaksanaan vaksin. Mengingat Vaksin ini sangat penting untuk menangkal virus Corona atau Covid-19, Karena dengan Vaksin Covid-19 dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus Corona, dapat mengurangi resiko penularan Covid-19, Ketika tertular Covid-19 Vaksin dapat mencegah terjadinya gejala yang berat dan dengan Vaksin akan mencapai imunitas kelompok atau herd immunity.

Setiap siswa atau siswi sebelum di Vaksin dilakukan screening dulu oleh petugas dan dilanjutkan pemeriksaan kesehatan, untuk mengetahui bisa tidaknya untuk di Vaksin. Bagi siswa atau siswi yang lolos pemeriksaan kesehatan akan di vaksin dan apabila tidak Lolos pemeriksaan akan dijadwalkan kembali untuk vaksinnya.

Sebanyak 76 Dosis vaksin telah di suntikkan kepada para siswa dan siswi SMPN 2 Udanawu dengan jenis vaksin Sinovac.

Saat di temui Kapolsek Udanawu Akp Anjun Sudaryanto S.Sos mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini di SMPN 2 Udanawu ini adalah salah satu upaya percepatan vaksinasi untuk memutus mata rantai Covid-19. Kapolsek Udanawu juga menghimbau agar para siswa dan siswi tetap mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19. ” Ucap Kapolsek”.