Kejadian 6 orang dalam 1 keluarga mengalami keracunan memakan masakan keluarga pada hari Senin lalu. Belum diketahui penyebab keracunan, karena sisa makanan sudah tidak ada. Petugas Puskesmas Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar Harjito mengatakan, peristiwa keracunan ini terjadi pada Sabtu lalu tanggal 21 November, namun baru dilaporkan hari Rabu 25 November. Ada 6 orang yang mengalami keracunan. Ke 6 orang itu merupakan 1 keluarga.

Menurut pengakuan keluarga pada Minggu lalu, keluarga Purwito warga Desa Sanankulon Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar mengadakan kegiatan masak-memasak bersama keluarga. Ada 9 orang yang mengikuti kegiatan masak di rumah. Jenis sayuran yang dimasak diantaranya jamur, tiram, udang, wortel serta sawi. Kemudian pada hari Senin 23 November, ke 6 orang anggota keluarga itu mengalami gejala indikasi keracunan seperti mual, muntah, pusing, badan panas dan lemas. Ke 6 nya langsung dibawa ke Rumah Sakit Budi Rahayu.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Blitar Kota AKP Ardi Purboyo, SH, SIK, MM mengatakan, polisi belum mengetahui penyebab keracunan yang terjadi pada 6 orang itu sebab dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), sisa makanan yang dimasak pada Senin lalu sudah tidak ada. Diharapkan masyarakat tidak berasumsi terkait penyebab keracunan itu yang dapat menimbulkan keresahan nantinya.