Sanankulon – 3 pilar yang terdiri dari Kecamatan, Polsek dan Koramil merupakan ujung tombak Kamtibmas di lini terdepan. Mereka seakan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Apalagi saat ada acara atau kegiatan yang ada di desa, 3 pilar inilah dapat dikatakan sebagai motor penggerak dalam memberikan contoh, memberikan tauladan kerukunan, kekompakan dan kebersamaan. Ditengah situasi masyarakat saat ini yang modern dan heterogen, kekompakan dan kebersamaan dapat dicontohkan ke masyarakat agar persatuan dan kesatuan tetap kokoh.

Dengan demikian, dalam kondisi apapun masyarakat akan siap menghadapinya. Suatu misal saat sekarang akan memasuki tahun politik dimana akan digelar pesta demokrasi tingkat nasional maupun daerah melalui Pilpres dan Pileg yang memilih wakil rakyat tingkat pusat hingga daerah. Tentu hal semacam ini akan menimbulkan sebuah kerawanan tertentu yang akan mengacam persatuan dan kerukunan di masyarakat.

Melalui 3 pilar inilah diharapakan masyarakat dapat mengambil contoh dan teladan, betapa kompak dan rukunnya mereka disetiap event atau kegiatan. Semoga masyarakat Kecamatan Sanankulon tetap aman dan damai dalam menyongsong pesta demokrasi yang akan digelar pada bulan April mendatang. amin.