Hari Jadi Blitar

BLITAR-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar upacara hari jadi Blitar ke 692, Jumat (5/8/2016) pagi. Upacara digelar dengan menggunakan bahasa jawa.

Upacara hari jadi tersebut diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari unsur SKPD, Instansi, dan pelajar di Kabupaten Blitar. hadir pula mantan Bupati, Camat dan Kepala Desa.

Adapun peserta juga menggunakan pakaian adat Jawa lengkap, berupa untuk laki-laki memakai beskap krowok dan keris, sedangkan perempuan pakai kebaya dan kain jarit.

Kegiatan diawali dengan upacara di Alun-Alun Blitar dengan dipimpin oleh Bupati Blitar Rijanto. Dilanjut dengan kirab kitab sejarah dan lambang daerah dari Alun-Alun menuju Pendapa Ronggo Hadi Negoro.

Peserta arak-arakan juga membawa tumpeng sebagai wujud syukur kepada sang pencipta dan foto mantan Bupati dan Wakil Bupati yang pernah menjabat di Kabupaten Blitar sebagai wujud penghargaan kepada tokoh yang pernah memimpin Kabupaten Blitar.

Bupati Blitar Rijanto dalam sambutannya mengajak semuanya mewujudkan Kabupaten Blitar yang lebih baik di masa yang akan datang. Pertumbuhan ekonomi harus semakin maju sesuai dengan tuntutan jaman.

“ Untuk tahun ini saja program pertanian yang digadang-gadangkan oleh Presiden Jokowi sudah cukup berhasil.ada beberapa daerah tertentu yang masih belum mencukupi target yang diharapkan.kita patut bersyukur, pertanian di Kabupaten Blitar hasilnya cukup memuaskan,” kata Rijanto.

Rijanto menambahkan, disektor lain khususnya pariwisata juga tak kalah ketinggalan.Kabupaten Blitar punya banyak wisata andalan  diantaranya candi Penataran, candi Simping, candi Sawentar,  Pantai Serang, Tambakrejo, Jolosutro, pangi dan Pasur yang begitu menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara.

“Saya berharap seluruh warga Kabupaten Blitar ikut menjaga dan memelihara potensi alam tersebut yang merupakan warisan dari leluhur-leluhur kita,” ungkap Bupati.

Rijanto mengaku jika  ia merasa sangat berbahagia hari ini. Pasalnya selain   hari jadi kali ini merupakan peringatan hari jadi pertamanya sebagai bupati Blitar,  para pengisi acara maupun para tamu undangan nampak sangat antusias.

“Tingkat kehadiran hampir 90 persen undangan datang semua, bahkan para tokoh yang pernah mengukir prestasi sebagai pemimpin di Kabupaten Blitar seperti pak Hery Nugroho (mantan Bupati) juga datang,” jelasnya.(rfk)