BERITABLITAR – Polres Blitar Kota bekerja sama dengan tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri cabang Surabaya, menyelidiki penyebab kebakaran swalayan Delta, di Desa Dayu, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Tim Labfor Polri cabang Surabaya yang datang ke tempat kejadian langsung melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Mereka juga membawa sampel abu arang dan kabel instalasi listrik dari lokasi kebakaran Swalayan Delta.

Pemeriksa Muda Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya, Kompol Agus Santoso mengatakan, abu arang sisa kebakaran dan kabel listrik itu akan diteliti untuk mengetahui penyebab kebakaran di swalayan itu.

“Kami membawa satu kantong plastik abu arang dan kabel di swalayan,” kata Kompol Agus Santoso, usai olah TKP di lokasi kebakaran Swalayan Delta, Rabu (04/04/2018).

Lebih lanjut Agus menyampaikan, abu arang itu akan diuji untuk mengetahui kandungan di dalamnya. Apakah abu arang tersebut mengandung bahan bakar minyak seperti solar maupun bensin yang bisa memicu kebakaran. Sedangkan kabel akan diuji untuk mengetahui apakah penyebab kebakaran akibat korsleting listrik atau bukan.

“Menunggu hasil uji laboratorium dulu, kami tidak mau berspekulasi penyebab kebakaran di swalayan ini”, tandas Agus.

Agus menyebut, titik api pertama muncul di bagian belakang sisi tengah swalayan, yang banyak barang dagangan jenis pampers. Kondisi atap galvalum di bagian tengah sisi belakang juga terlihat melengkung paling parah.

“Titik apinya dari belakang di bagian tengah swalayan,” pungkas Pemeriksa Muda Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya. (jarno)