Kegiatan rutin sosialisasi tertib lalu lintas sejak dini anggota Satlantas Polres Blitar Kota, mengunjungi Sekolah Dasar Islam (SDI) Kardina Massa Blitar. Hal ini berangkaian dengan Operasi Keselamatan Semeru 2018 dan bertujuan menumbuhkan kesadaran tertib lalu lintas dengan baik dan aman sejak dini.

Sosialisasi tersebut mendapat respon yang baik dari pihak sekolah. “Kami juga ingin pelajar SD juga memegang peran penting sebagai agen perubahan untuk berlalu lintas yang lebih baik kedepannya dan dapat berimbas pada pengurangan jumlah kecelakaan di jalan raya.” Ucap AKP Yanto Mulyanto, S.H., S.I.K., selaku Kasatlantas Polres Blitar Kota.

Angka kecelakaan yang terjadi di Jalan Raya terbilang cukup tinggi, penyebab utamanya adalah kurangnya kesadaran pengendara kendaraan bermotor. Adapun rangkaian sosialisasi tersebut adalah, bagaimana cara berkendara dengan baik dan aman, dimulai dengan berkendara dengan memakai helm SNI dan sampai klick. Kelengkapan berkendara surat berkendara, seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan SIM (Surat Ijin Mengemudi). Mengenalkan serta mematuhi rambu – rambu lalu lintas, tidak menggunakan HP saat berkendara, serta lain sebagainya yang berhubungan dengan keselamatan di jalan raya.

Harapannya melalui sosialisasi ini, pelajar dan masyarakat kita dapat mengetahui dan mematuhi peraturan berlalu lintas dengan benar. Dengan mematuhi rambu – rambu lalu lintas, akan mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas dan tidak membahayakan pengguna jalan lainnya. Serta dapat mengurangi tingkat kecelakaan jalan raya.