gresik-polair-310x165TribrataNews (Gresik). Sebelum arus mudik lebran 2015, Sat Polair bersama Tim gabungan melaksanakan pengecekan kapal yang yang akan digunakan untuk transpostasi laut ke Pulau Bawean wilayah Kab Gresik, (09/07/2015).

Kegiatan ini bertujuan Untuk memastikan kondisi kapal aman dan layak berlayar, dengan membentuk tim gabungan yaitu Satpolair Gresik, Polsek KP3, Satbinmas Polres Gresik dan KSOP (Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) Kelas II Gresik melakukan pengecekan terhadap kapal

Tim Gabungan memberikan himbauan kepada penumpang dan nahkoda agar menggunakan pengaman seperti pelampung saat berlayar sesuai dengan SOP (Standar Operasi prosedur) jadi seluruh penumpang wajib menggunakan pelampung demi keselamatan jika terjadi cuaca ekstrem.

Sebagai salah Salah satu kesalahan ringan yang bisa sangat fatal adalah kebiasaan nahkoda kapal adalah memutar musik saat penumpang naik dan turun. Mestinya, waktu senggang itu bisa dimanfaatkan memutar video safety. Dengan adanya himbauan dari nahkoda Kapal melalui praktek berupa peragaan atau media video tv yang tersedia dalam fasilitas kapal agar digunakan secara maksimal.

Dalam giat ini kami selaku tim gabungan menghimbau “Lebih baik diputarkan video safety sebelum berlayar, biar penumpang tahu,” tutur Kasatpolair AKP Dwi Arys Purwoko yang didampingi Kapolsek KP3 AKP Suyatmi, Kasatbinmas AKP M Zunaedi dan Kasi Kepelabuhanan KSOP Gresik Nanang Afandi.(MKU)