Polres Blitar Kota – Polsek Nglegok, Untuk mengantisipasi maraknya berita Hoax di media sosial, serta menjaga situasi keamanan masyarakat yang kondusif, personel Polsek Nglegok saat melaksanakan patroli sambang kunjung ke kantor desa Bangsri kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar memberikan pemahaman berita hoax kepada perangkat desa. Rabu (07/03/2018)

patroli sambang kunjung ke kantor desa bangsri bertujuan memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada perangkat desa berupa penjelasan mana berita yang benar dan berita palsu atau hoax yang ada di media sosial. diharapkan perangkat desa juga nantinya bisa menjelaskan kepada masyarakat agar lebih teliti dan memahami berita yang benar dan palsu / hoax.

ada beberapa cara untuk membedakan berita benar dan berita bohong atau hoax antara lain perhatikan sumber berita, jangan terlalu percaya pada foto atau vidio yang dilihat, baca keseluruhan isi berita, cari dan bandingkan dengan isu lain, sebaiknya bersikap netral terhadap sebuah berita, hati-hati membagikan berita yang telah dibaca, dan kritis serta cuek terhadap berita.

“semoga apa yang telah kita berikan kepada perangkat desa bangsri dapat membantu untuk pembelajaran kepada masyarakat supaya tidak cepat terprofokasi oleh berita hoax.” ujar Aiptu Sugeng.

Marilah kita semua pandai dan bijaksana dalam bermedia sosial serta tidak segera share atau sebarkan sebelum kita benar-benar yakin atas kebenaran sebuah berita” imbuhnya (ars)