Kristiyanto Wiwoho, Kepala LPKA Kelas I Blitar
Kristiyanto Wiwoho, Kepala LPKA Kelas I Blitar

BLITAR, PROKLAMATOR-Sebanyak 76 warga binaan diusulkan  Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA)Kelas I Blitar  untuk mendapatkan remisi pada hari raya idul fitri nanti.

Kepala LPKA Kelas I Blitar, Kristiyanto Wiwoho mengatakan, mereka yang diusulkan remisi ini adalah warga binaan yang berkelakukan baik dan tidak pernah melanggar tata tertib.

“Persyaratannya sudah kita serahkan kepada Kementrian Hukum Dan Ham Provinsi. Dan kita masih menunggu jawaban,” kata Kristiyanto.

Diungkapkan Kristiyanto, dari 76 warga binaan itu, 2 anak diusulkan mendapatkan remisi 1,5 bulan, 39 anak diusulkan mendapatkan remisi 1 bulan dan 35 anak diusulkan mendapat remisi 15 hari.

“Jika lancar, nanti yang mendapatkan remisi akan kita umumkan pada waktu sholat idul fitri,” ungkapnya.

Kristiyanto menambahkan, pemberian remisi anak bertujuan agar anak yang bermasalah dengan hukum mendapatkan pengurangan masa pidana dengan pertimbangan demi kepentingan masa depan anak dan mengurangi beban psikologi serta mempercepat proses integrasi.

“Harapannya anak-anak tersebut bisa segera berkumpul kembali dengan keluarga dan masyarakat untuk masa depan yang lebih baik lagi,”ucapnya.

Lanjut Kristiyanto, pihak Lapas terus berupaya mengembalikan perilaku napi anak ini untuk lebih baik nantinya saat kembali kemasyarakat, selain diberi terus siraman rohani, bakat dan kreativitas mereka juga terus diasah.

“Beberapa ada  yang hobi musik, hanya kita kekurangan prasarana, alat music yang kami punya hanya gitar saja. kami sudah mengusulkan ke Provinsi hanya saja belum ada respon, karena mungkin ada yag lebih diprioritaskan,” tutupnya.(rpk)